Vacuum forming: Beberapa Hal Yang Perlu Anda ketahui

Vacuum forming, apa yang anda ketahui mengenai dua kata tersebut? Mungkin bagi sebagian kita, istilah vacuum forming  merupakan sebuah istilah yang asing, bahkan hampir semua kita belum pernah pernah mendengar mengenai istilah tersebut, apalagi mengetahui apa sebenarnya vacuum forming itu. Mari kita uraikan sedikit apa itu vacuum forming melalui hal-hal yang sering kita jumpai sehari-hari. Pernahkah ketika anda berjalan-jalan di mall, pasar swalayan atau bahkan mungkin di pasar tradisional melihat sebuah produk entah itu pernak-pernik, mainan anak-anak, buku dan lain sebagainya yang dibungkus dalam kemasan  yang memiliki bentuk menyerupai produk yang dibungkusnya?

Untuk sesaat, mungkin jika anda perhatikan kemasan tersebut, anda akan berpikir bagaimana cara melakukannya? Nah inilah yang disebut dengan metode vacuum forming, yaitu metode melapisi atau membungkus suatu produk dengan plastik hingga bisa membentuk sebuah kemasan yang bisa dibilang hampir menyerupai bentuk barang yang dikemasnya. Teknik semacam ini juga sering dikenal dengan istilah vacuuforming yang merupakan versi sederhana dari thermoforming.

Vacuuforming atau vacuum forming merupakan sebuah tehnik sederhana yang menggunakan selembar plastic yang dipanaskan pada temperatur tertentu, dan kemudian diregangkan ke dalam sebuah mould atau cetakan. Bentuk dari mould ini bisa beragam sesuai dengan kebutuhan dan permintaan. Setelah mould yang akan digunakan siap, maka alat vacuum untuk membentuk plastic tersebut kemudian diproses yaitu dengan metode vacuum forming seperti di atas sesuai dengan bentuk yang di harapkan. Membaca sedikit mengenai penjelasan vacuum forming di atas memang memberikan kesan mudah, tetapi sebenarnya proses ini cukup sulit.  Vacuum forming ini biasanya digunakan untuk kemasan plastic, casing speaker bahkan dashboard untuk mobil. Untuk  melakukan teknik ini tidak semudah yang kita bayangkan. Anda harus mengetahui jenis material plastic yang bisa digunakan, berapa atau suhu temperature yang seharusnya digunakan. Jika kurang temperaturnya maka  daya renggang dari plastic tersebut akan tidak sempurna, jika berlebih maka terlalu renggang sehingga akan menghasilkan bentuk yang tidak sempurna.

Dalam melakukan teknik molding atau pencetakan juga harus memperhatikan teknik tertentu yang tidak bisa dianggap remeh .  Jadi, tidak bisa asal dalam melakukan pencetakan. Banyak hal-hal yang harus di perhatikan untuk menjadikan hasil dari proses vacuum forming ini sempurna.

Beberapa hal yang menentukan saat dilakukan vacuum forming diantaranya adalah:

  1. Kelembaban lingkungan, karena akan menyebabkan bentuk yang tidak diinginkan dalam proses pencetakannya, seperti bubble yang terbentuk.
  2. Bentuk yang terjadi diakibatkan terlalu panasnya plastic dalam proses pemanasan.
  3. Objek sering lengket dalam prosesnya. Untuk hal ini perlu di perhatikan bagaimana cara mencoba mengambil objeknya

Dalam penggunaan mouldnya juga tidak sembarang mould yang di pakai, kebanyakan para pengguna vacuum forming ini menggunakan wood atau kayu, alumunium, atau resin. Dan mould ini di beri lubang sedemikian rupa untuk jalur vacuumnya sehingga bisa menarik plastic sebagai objek yang akan di forming.

Pembuatan kemasan atau benda lain menggunakan vacuum forming ini tidak semudah yang terlihat, oleh karena itu membutuhkan tenaga ahli dalam melakukannya. Hal ini untuk memastikan bahwa sebuah produk hasil vacuum forming itu dapat terbentuk dengan sempurna. Banyak keuntungan jika anda memiliki produk lalu dikemas dengan kemasan yang menggunakan vacuum forming ini. Produk tersebut akan tertutup rapat sehingga tidak mudah udara atau objek lain untuk masuk ke dalam kemasan produk tersebut sehingga dapat mengurangi atau menghindari kerusakan yang diakibatkan, benda atau lingkungan dan cuaca.

Jika anda tertarik menggunakan kemasan yang dibuat berdasarkan vacuum forming ini maka anda bisa menghubungi PT. Formindo Prima Agung.  Perusahaan ini merupakan perusahaan yang bekerja memproduksi kemasan dengan menggunakan vacuum forming ini. Di dukung dengan mesin-mesin berteknologi canggih yang bisa membuat sebuah kemasan yang di sesuaikan dengan kebutuhan anda. Bukan hanya itu, PT. Formindo Prima Agung ini mengutamakan ketepatan waktu dan selalu mengutamakan mutu dan kualitas yang dari hasil dari produk yang di hasilkan, yang tentunya sekaligus mengutamakan kepuasan dari konsumen.

Selain itu PT. Formindo Prima Agung juga memilki inovasi dengan memiliki pabrik plastik berkualitas untuk membuat produk anda menjadi menarik. Selain itu perusahaan ini juga mengutamakan detail dalam melakukan pengemasan sehingga produk anda akan terkemas secara rapat dan terlindungi dari objek yang bisa merusak produk anda.

Jika anda tertarik maka anda bisa menghubungi PT. Formindo Prima Agung di no. telepon : 021-543 666 88/543 666 99. Atau anda bisa menghubungi di www.formindo.com di website ini anda bisa mendapatkan info yang selengkap-lengkapnya mengenai perusahaan ini termasuk bahan-bahan yang diproduksinya, seperti plastik packaging, dan sebagainya. Vacuum forming merupakan salah satu bentuk teknik pengemasan yang bisa membuat produk anda menarik dan aman, dan PT. Formindo Prima Agung  adalah perusahaan yang menggunakan pengemasan dengan cara ini karena perusahaan ini sangat peduli dengan produk anda.